Tata Boga & Jasa Boga

tata boga act

Apa beda antara tata boga dengan jasa boga? keduanya sama-sama bergerak di bidang makanan. Untuk tata boga sendiri adalah istilah yang biasa digunakan dalam pengolahan makanan seperti halnya memasak, mempersiapkan hidangan, proses pengolahan makanan dll. Sedangkan jasa boga adalah istilah umum untuk layanan makanan. Sebagai contoh yaitu rumah makan, kedai, restoran, katering dan retail.

Berawal dari proses tata boga guna mempersiapkan makanan hingga mengemas makanan, kemudian dilanjutkan ke tahap jasa boga sebagai layanan penjualan produk makanan tersebut.

Terdapat dua kategori kata di dalam studi linguistik terapan, yaitu kata yang dilihat secara sintaksis (syntax) atau semantik (semantics).

Dalam bentuk sintaksis, istilah tata boga memiliki dua suku kata, yaitu tata dan boga. Pada rumpun Bahasa Indonesia, boga berhubungan dengan makanan. Sedangkan tata berhubungan dengan penataan. Dalam bentuk semantik, istilah tata boga memiliki makna penataan makanan. Dalam artian luas, tata boga adalah bentuk pengelolaan makanan. Terdapat berbagai macam proses pengelolaan, diawali dari persiapan hingga hasil akhir.

tata boga act

Istilah jasa boga, dalam bentuk sintaksis juga memiliki dua suku kata, yaitu jasa dan boga. Secara semantik istilah jasa memiliki makna sangat luas, namun ketika kata jasa dan boga merupakan satu kesatuan, maka maknanya lebih kepada bentuk layanan makanan. Meskipun demikian istilah jasa boga tidak hanya terbatas pada bentuk layanan, tapi juga pelayanan. Pada skala industri, bentuk pelayanan atau jasa sering disebut dengan istilah service. Ketika jasa atau service ditujukan kepada konsumen, maka bentuknya sangat beragam. Misalnya jasa pemesanan, jasa pengiriman, jasa produksi, hingga penjualan produk dan layanan purna jual. Dalam hal ini produk yang dimaksud adalah boga.  @adimalik.

Leave a comment