FBI: Orang Amerika yang Pergi Perang ke Suriah Bertambah

Hidayatullah.com—Arus orang-orang asing yang datang ke Suriah untuk mengikuti perang di negara itu bertambah dalam beberapa bulan terakhir, di mana orang-orang Amerika juga ikut bergabung dalam perang sipil itu bersama ribuan orang lainnya dari Eropa, kata direktur intelijen domestik Amerika Serikat.

Berbicara hari Jumat (2/5/2014) dalam konferensi pers di markas FBI, James Comey mengatakan bahwa dia bertekad untuk mencegah terjadinya skenario seperti serangan 9/11 di luar Suriah, seiring dengan semakin banyaknya orang asing yang ikut berperang dalam konflik di Suriah.

Comey membandingkan perang sipil di Suriah dengan perang di Afghanistan pada tahun 1980an dan 1990an, yang katanya, para petarung asing di Afghanistan membentuk Al-Qaida dan mengumumkan perang melawan Amerika Serikat sehingga menimbulkan serangan di New York, lansir Aljazeera.

Pimpinan FBI itu mengatakan, orang Amerika yang telah pergi ke Suriah atau berusaha untuk pergi ke sana jumlahnya bertambah beberapa puluh sejak awal tahun ini. Dan ada juga orang-orang Amerika di Suriah yang berusaha mengajak orang lain untuk bergabung bersama mereka.

Comey memperkirakan pada suatu hari nanti akan terbentuk semacam diaspora terdiri dari orang-orang Amerika yang ikut perang di Suriah.

Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa beranggapan orang-orang yang pergi ke Suriah untuk berperang nantinya akan kembali pulang dengan membawa paham radikal. @adimalik

Leave a comment